| 1 komentar ]

Bagi seorang penulis blog, tentu pernah mengalami titik buntu dan kehabisan akal untuk menulis. Sehingga banyak di antara kita memakai jalan pintas yaitu dengan menjiplak atau copy paste dari sumber lain. Saya sendiri juga merasakan betapa sulitnya menjadi penulis blog yang produktif. Sehingga sebagian kecil dari artikel di blog ini yang tidak lebih dari 10% adalah hasil salinan dari berbagai sumber, tentu dengan meminta ijin lebih dulu. Kebiasaan copy paste hanya baik kita jadikan pelengkap saja, jangan sampai menjadi dominan di blog kita. Selain bisa membuat citra yang buruk bagi search engine dan pengunjung hal ini juga membuat kita menjadi pasif dan tidak bisa kreatif.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan supaya kita tetap produktif menulis:

  • Batasi kepemilikan blog atau situs (maksimal 5 saja). Banyak di antara kita yang begitu bernafsu memiliki banyak blog sehingga tidak akan sanggup dan sempat untuk mengurusnya.
  • Jadikan aktifitas menulis di blog sebagai hobi dan kesenangan bukan sebagai pekerjaan apalagi beban.
  • Perbanyak pengetahuan Anda dengan banyak membaca informasi dan perkembangan.
  • Bergabung dengan berbagai komunitas misalnya forum. Dengan bergabung menjadi anggota sebuah komunitas akan menumbuhkan semangat dan ide baru untuk menulis.
  • Kurangi melakukan edit sebuah artikel. Lebih baik baca artikel itu lalu kita simpulkan sendiri dengan bahasa kita.
  • Menulislah saat hati dan pikiran tenang. Jika pikiran kita sedang kacau dan bermasalah jangan paksakan untuk menulis.
  • Jangan terlalu lama istirahat.

Aktifitas menulis memang membutuhkan skill dan keahlian khusus. Akan tetapi dengan menulis akan membuat kita menjadi pribadi yang selalu belajar. Banyak juga rekan blogger yang menjadikan hobi menulis di blog sebagai sumber pekerjaan dan berhasil menghasilkan uang yang lumayan. Semoga sedikit uraian tentang tips menulis produktif ini dapat berguna bagi kita semua. Terima kasih.

1 komentar

parjoyo mengatakan... @ 21 Juni 2009 pukul 06.33

Saya merasakan bagaimana mengalami buntu ide dan stagnan ketika ngeblog. akhirnya saya cari sumber informasi dan melakukan modif. thanks infonya mas

Posting Komentar