| 3 komentar ]

Banyak sekali blogger yang menganjurkan untuk bertukar link (link exchange) untuk meningkatkan kunjungan dan page rank. Faktor utama yang mempengaruhi hasil pencarian search engine seperti Google, Yahoo, MSN, Live dll salah satunya adalah page rank. Setiap search engine memiliki algoritma dan peraturan khusus untuk menentukan page rank. Memang dengan tukaran link dapat menjaring pengunjung lain dan harapan meningkatkat page rank. Akan tetapi dengan makin rumitnya algoritma Google untuk menentukan page rank, tukeran link (link exchange) sudah tidak bisa terlalu diharapkan. Bertukar link akan efektif jika memiliki tema sejenis, ketika search engine mengunjungi sebuah blog atau situs dan mencari link baik yang keluar atau kedalam maka algoritma search engine itu akan mencari kesamaan keyword. Jika terjadi ketidaksamaan antara keyword yang bertukar link itu, maka search engine akan menganggapnya tidak penting.

Hal inilah yang membuat kenapa seseorang yang rela membeli link di sebuah blog yang memiliki page rank tinggi akan tetapi karena tidak ada kesamaan tema, maka tidak ada perubahan page rank yang signifikan. Jika search engine menjadikan isi halaman atau kontent sebagai "raja", hal ini juga terjadi pada penentuan page rank. Page rank tidak akan bagus jika isi halaman hanya berguna bagi search engine dan tidak berguna bagi pengunjung. Sekali saya tegaskan, jika Anda berniat untuk melakukan pertukaran link atau membeli link pastikan bahwa isi halaman blog atau situs Anda bermanfaat bagi pengunjung dan carilah yang memiliki kesamaan tema dengan blog Anda.

Kesimpulan dari uraian saya di atas adalah, daripada sibuk dengan mencari teman yang bersedia bertukar link, lebih baik perkaya isi blog atau situs Anda. Semoga uraian saya tentang efektifkah tukeran link untuk meningkatkan page rank dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

3 komentar

padaku mengatakan... @ 21 Juni 2009 pukul 21.41

tukeran link memang cukup efektif untuk menjaring pengunjung. saya sendiri pernah merasakannya.

Anonim mengatakan... @ 21 Juni 2009 pukul 21.44

mau tanya mas, kalo ganti template di blogger biar seperti punya ini gimana yah? kok gak ada pilihan seperti ini?

OBAT KUAT mengatakan... @ 9 November 2017 pukul 23.24

Thanks for the information the article is very helpful

OBAT KUAT
AGEN OBAT KUAT
JUAL BELI OBAT KUAT
OBAT PEMBESAR PENIS
OBAT PEMBESAR PENIS PRIA
OBAT PEMBESAR ALAT VITAL
TITAN GEL

PENIRUM
PENIRUM ASLI
OBAT PENIRUM
PENIRUM KAPSUL HERBAL
JUAL PENIRUM ASLI
OBAT PEMBESAR PENIS
PEMBESAR ALAT VITAL

Posting Komentar