| 3 komentar ]

Di antara semua produk Google Adsense yang saya ikuti seperti Adsense for content, AdSense for Domains, AdSense for Search, Referrals dan AdSense for Feeds bisa dikatakan hanya Adsense for search saja yang nilai kliknya paling tinggi. Rata - rata nilai kliknya $0.48 tentu dengan catatan tidak terkena efek smart pricing. Akan tetapi, earning dari adsense for search sangat tidak stabil jika dibandingkan dengan adsense for content, saya bisa memaklumi karena pengunjung lebih memilih menggunakan search engine secara langsung daripada menggunakan pencarian dari blog atau situs yang saya pasang adsense for search.

Sampai saya menulis ini saya sudah memasang adsense for search sebanyak 5 buah. Dari 5 buah adsense for search itu, bentuk kotak yang panjang lebih disukai oleh pengunjung daripada yang pendek. Berbeda dengan adsense for content yang nilai kliknya sangat tergantung dengan lokasi, adsense for search tidak begitu mempedulikan lokasi di mana terjadinya klik. Hal ini saya buktikan bahwa klik dari Indonesia juga bisa dihargai tinggi. Pernah saya mendapat nilai klik hingga $2.56 untuk keyword "cheap hotel in Tokyo". Dengan keyword yang umum saja dihargai tinggi apalagi jika keyword yang mengandung HPK (high paying keyword) seperti insurance, cancer, stroke dll. Saya tidak tahu persis apakah pengunjung itu melakukan transaksi atau tidak

Faktor utama yang bisa saya maklumi mungkin karena Google Adsense mengijinkan blog atau situs berbahasa Indonesia dan masih belum mengijinkan adsense for content. Tips yang bisa saya sampaikan bagi Anda yang ingin memasang Adsense for search di blog atau situs adalah pasanglah adsense for search yang panjang (minimal berukuran 40). Sama seperti Adsense for content yang semakin besar dan mudah terlihat maka peluang klik tinggi, hal ini juga berlaku untuk Adsense for search. Selain masalah ukuran, perhatikan juga posisinya, posisi yang baik adalah di halaman blog atau situs yang paling atas. Semoga uraian singkat tentang tips optimasi Adsense for search bermanfaat bagi kita semua.

3 komentar

padaku mengatakan... @ 7 Juli 2009 pukul 06.31

google adsense sekarang menjadi susah untuk menerima member baru. banyak syarat yg harus di penuhi, moga2 TOS google bisa berubah

dafa mengatakan... @ 7 Agustus 2009 pukul 02.30

ada tips nya gak supaya iklan google banyak yang keluar ketika kita mencari di kotak google for search, permasalahannya ketika para pengunjung yang mencari di google for search blog kita biasanya jarang iklan google yang keluar? apa karena keyword nya bahasa indonesia kali ya..!

Gadged mengatakan... @ 20 September 2009 pukul 20.12

ehm emg adsense itu maksdunya sulit ditebak kadang nilai klik tinggi kadang pula kecillll

Posting Komentar