| 4 komentar ]

Bagi kita sebagai publisher Google Adsense di Indonesia, mungkin sudah terbiasa dengan pembayaran cek. Akan tetapi semenjak bulan Desember 2008 kemarin, Google telah mengeluarkan bentuk pembayaran lain yang lebih baik yaitu dengan Western Union. Dengan bentuk pembayaran Western Union ini tentu lebih cepat, praktis dan biayanya lebih murah dibandingkan dengan cek.

Berikut adalah keunggulan sistem pembayaran Western Union Quick Cash dibandingkan dengan cek.

  • Lebih cepat, begitu syarat pembayaran telah kita selesaikan dan muncul history payment, maka earning Google Adsense langsung bisa kita cairkan. Sedangkan cek, menerima ceknya saja kita harus menunggu paling cepat 3 hari jika menggunakan pengiriman TDE atau paling cepat 25 hari jika pengiriman pos biasa. Selain itu dibutuhkan waktu paling cepat 3 minggu untuk mencairkan cek itu.
  • Lebih hemat. Kita hanya membayar materai sebesar RP. 6.000,-. Jika kita mencairkan cek di Citi Bank dibutuhkan Rp. 100.000,- atau mulai dari $10 hingga $50 jika mau mencairkan di bank lain yang bersedia mencairkan cek kita itu.
  • Jaringan luas dan mudah ditemui. Mitra dari bank Western Union sangat banyak seperti kantor pos, perum pegadaian bank BRI, Danamon, BII dll. Kita tinggal lihat logo dari Western Union, maka di tempat itu earning Google Adsense bisa kita tarik.

Setelah account kita memenuhi untuk dapat menerima pembayaran, maka akan muncul link di history payment yang berisi data yang kita butuhkan sewaktu menarik earning Google Adsense kita di Western Union seperti (jumlah uang, MTCN (Money Transfer Control Number) seperti PIN dll. Ada baiknya Anda print halaman history payment dan payment detail itu supaya lebih memudahkan kita. Jika selama ini bentuk pembayaran Anda masih memakai cek dan mau beralih ke bentuk pembayaran Western Union quick cash, berikut adalah langkah untuk merubahnya.

  1. Silakan login ke Google Adsense di www.Google.com/Adsense.
  2. Pilih tab My Account.
  3. Klik Edit Pada bagian Payment Details.
  4. Muncul pilihan bentuk pembayaran, pilih radio button pada Western Union Quick Cash.
  5. Lanjutkan dengan klik Continue. Akhiri dengan klik Save Changes.
  6. Jika perubahan sudah berhasil, Anda juga akan menerima E-Mail dari Google bahwa Anda telah melakukan perubahan pada account Anda, ada baiknya Anda buka Google Mail Anda.

Pengalaman saya pertama kali menerima pembayaran Google Adsense lewat Western Union Quick Cash

Sampai bulan Mei 2009 ini saya sudah pernah menerima pembayaran Google Adsense beberapa kali. Saat yang agak membingungkan adalah saat pertama kali yaitu bulan pebruari. Tempat yang saya tuju adalah di kantor pos di Klandasan Balikpapan, Kalimantan Timur. Waktu itu saya hanya membawa KTP yang sesuai dengan account di Google Adsense dan mencatat MTCN (hampir sama dengan PIN). Ketika saya mengisi form penarikan maka ada kolom beberapa kolom yang tidak bisa saya isi seperti, uang itu pengirim beserta alamatnya. Saya hanya isi Google dan USA. Saya pikir mereka mengerti karena toh yang paling penting buat mengambil uang tersebut adalah PIN. Ternyata tidak, setelah mereka mengecek di komputer, ternyata mereka meminta saya harus mengisi dengan benar nama pengirim dan alamatnya. Kemudian saya pulang dan berpikir untuk mencari alamat Google. Iseng saya buka cek yang sudah kadaluwarsa dan saya temukan alamatnya:
GOOGLE, INC.
1600 AMPHITHEATRE PARKWAY
MOUNTAIN VIEW, CA 94043

Setelah melengkapi pengirim dengan alamat tersebut barulah saya mendapatkan pembayaran dari Google Adsense, memang waktu saya mencairkan uang di Google Adsense tidak seberapa besar hanya $620.85 itu juga gabungan dari earning selama 2 bulan yaitu desember dan januari. Setelah pengalaman pertama itu, maka saya tidak menemukan kesulitan lagi untuk pencairan berikutnya. Semoga pengalaman penarikan earning Google Adsense via Western Union di atas bermanfaat bagi kita semua. Bagaimana dengan pengalaman Anda sendiri? Apakah pernah menemukan pengalaman unik dan kesulitan sewaktu mengambil earning Google Adsense lewat Western Union Quick Cash?

4 komentar

Sespamardi mengatakan... @ 6 Juni 2012 pukul 22.39

Detail pembayaran saya tidak tercantum kode MTCN nya, gimana ya?

IFUB.NET | Download Game Software Full Version mengatakan... @ 22 April 2015 pukul 13.18

makasih gan,, infonya sangat berguna banget

DP BBM ID mengatakan... @ 11 September 2015 pukul 11.28

2009 sudah dapat 600an dollar... :D

saya aja 2015 baru mau mulai main GA cari 10 dollar aja susah.

Unknown mengatakan... @ 6 Februari 2016 pukul 21.58

Memang 2015 ke sini tambah susah gan,

Posting Komentar