| 2 komentar ]

Apakah blog atau situs yang Anda pasang iklan Google Adsense muncul iklan layanan masyarakat atau public service ads (PSA)? Jika ada yang klik iklan layanan masyarakat atau PSA itu, maka kita tidak mendapatkan earning sepeserpun. Ada beberapa faktor yang menyebabkan iklan layanan masyarakat tersebut muncul, antara lain:

  • Tidak adanya kecocokan antara stok iklan di server Google dengan halaman situs atau blog. Maksudnya di sini bisa saja stok iklan sedang kosong atau memang tidak ada sama sekali. Iklan Google Adsense bersifat kontekstual atau iklan yang muncul disesuaikan dengan isi halaman blog atau situs. Jika blog kita membahas tentang domain maka iklan yang muncul juga iklan seputar domain. Jika script Google Adsense tidak menemukan keyword yang sesuai, maka tidak akan muncul iklan dan sebagai gantinya akan muncul iklan layanan masyarakat.
  • Bahasa yang tidak didukung oleh Google. Gunakanlah bahasa yang memang diijinkan oleh Google Adsense.
  • Script Google Adsense menemukan adanya kata atau keyword negatif. Untuk berpartisipasi di Google Adsense maka isi situs kita harus bersifat aman untuk keluarga (safe for family). Contoh kata atau keyword yang tidak aman misalnya "porn, homo, lesbian, naked, nude, die, death, fuck, sex, adult content, casino, alcohol, smoking, racism dll". Pastikan halaman blog atau situs Anda tidak mengandung keyword seperti tersebut.
  • Blog atau situs yang dianggap spam. Bisa berupa keyword yang terlalu banyak diulang ulang sehingga mengganggu isi halaman tersebut, menyisipkan keyword yang tidak relevan, misalnya mengandung high paying keyword, menggunakan script atau program yang mengarahkan pengunjung untuk klik iklan, navigasi yang kacau dan membingungkan dll.
  • Halaman yang berisi kurang dari 200 kata. Menurut pengalaman saya, halaman blog atau situs yang isinya kurang dari 200 kata akan sering muncul iklan layanan masyarakat atau PSA. Buatlah blog atau situs yang memiliki lebih dari 200 kata.
  • Halaman yang memiliki tema atau niche terlalu luas, yang paling sering kita lihat adalah pada forum. Selain rawan terkena efek smart pricing, tema yang terlalu luas sering muncul iklan layanan masyarakat atau PSA. Buatlah blog atau situs dengan tema spesifik atau khusus.

Tips untuk menghindari iklan layanan masyarakat dari beberapa publisher ada yang merubah script Google Adsense. Memang hal itu cukup efektif untuk mencegah iklan layanan masyarakat akan tetapi, kita meski ingat bahwa kita dilarang untuk merubah kode Google Adsense kecuali member tertentu yang diijikan oleh Google. Dengan merubah script Google Adsense bisa membuat account kita terkena banned. Dengan mengetahui beberapa sebab munculnya iklan layanan masyarakat atau public ads service, semoga dapat meningkatkan earning Google Adsense kita. Bagaimana dengan pengalaman Anda? Apakah pernah menemukan masalah dengan iklan layanan masyarakat atau PSA? Ada baiknya Anda tuangkan pengalaman di form komentar.

2 komentar

Lebah Master mengatakan... @ 11 September 2014 pukul 13.06

mas punya saya kok sering muncul GAME gitu..apakah itu termasuk iklan adsense layanan masyarakat?....kalau linknya bertuliskan googleadservice?

Strategi TOEFL mengatakan... @ 11 Juni 2015 pukul 18.30

Ulasannya keren dan logis. Salut sama penulis web ini...

Posting Komentar