| 8 komentar ]

Apakah Anda pernah membuat situs yang membahas HPK (high paying keyword) seperti mesothelioma, mesothelioma attorneys, insurance medical, travel insurance, student insurance, register domain, cheap register domain dll? HPK adalah nilai klik yang dhargai tinggi hingga bisa mencapai di atas $100 per kliknya. Tapi itu dulu ketika penyalahgunaan dan manipulasi HPK
belum semarak seperti sekarang ini. Dengan iming - iming mendapat nilai klik yang sedemikian besar banyak publisher berburu HPK. Saya sendiri juga pernah membuat situs khusus tentang HPK yaitu mengenai travel insurance, meski bidang ini sangat sulit dan sama sekali tidak saya kuasai.

Jika dulu HPK bisa mencapai lebih dari $100, tapi sekarang $5 sudah termasuk HPK. Setelah Google mengeluarkan "smart pricing" atau harga pintar maka efeknya adalah sangat sedikit publisher adsense yang masih bisa menikmati HPK (high paying keyword). Dengan pengalaman yang cukup lama di bidang periklanan internet, Google akan memberikan harga klik setelah syarat tertentu terpenuhi. Jika dulu setiap klik langsung mendapat earning, sekarang hal itu tidak berlaku lagi. Saya pernah punya pengalaman sebagai berikut: Waktu saya buka account adsense saya mendapat laporan 12 klik dengan earning $2.86. Setelah sekitar 20 menit, kemudian saya cek account lagi ternyata saya mendapat laporan baru yaitu mendapat 18 klik, akan tetapi earning tetap $2.86. Saya jadi heran apa yang terjadi dengan Adsense hari ini? Apa mungkin Google Adsense sedang bermasalah? Tapi setelah sekitar 10 menit berikutnya, kemudian saya refresh lagi dan laporan terakhir adalah earning saya $4.76. Saya jadi penasaran dengan kejadian ini.

Lalu saya berusaha mencari jawaban di blog resmi adsense, hingga forum forum adsense dunia. Dan kesimpulannya adalah earning dibayar setelah situs atau blog advertiser ditutup oleh pengklik iklan. Jadi jika situs atau blog itu masih terbuka, maka kita belum mendapatkan bayaran. Dengan adanya script Google Adsense yang makin canggih itu maka harga akan disesuaikan dengan perilaku pengklik iklan. Sehingga nilai klik akan sangat rendah jika pengklik iklan langsung menutup halaman, menekan tombol back atau hanya mengunjungi halaman
kurang dari 10 detik. Kesimpulannya adalah, nilai klik yang tinggi sangat ditentukan oleh beberapa faktor yaitu:

  • Bagaimana pengunjung mendapatkan situs atau blog kita. Jika ia datang dari seaech engine nilai klik lebih tinggi daripada link yang berasal dari situs lain, social bookmark, e-mail, atau datang secara langsung dengan mengetikkan url dll. Usahakan untuk melakukan optimasi SEO sebaik mungkin agar nilai klik tinggi.
  • Perilaku pengklik iklan. Nilai klik akan tinggi jika ia melakukan transaksi yang ditawarkan oleh pengiklan seperti membeli produk atau jasa, mendownload, menjadi member, mengikuti news letter dll.
  • Sumber negara datangnya pengunjung. Selain 2 faktor di atas, zona atau negara yang klik iklan juga menentukan earning kita. Sudah menjadi rahasia umum bahwa China, India, Brazil, Indonesia, Thailand, Vietnam dan Philipina memiliki nilai klik yang rendah kecuali jika melakukan transaksi.
  • Kesimpulan dari uraian di atas adalah apakah Anda masih tertarik untuk berburu HPK? Komentar, pengalaman dan pertanyaan saya tunggu di form komentar. 

    8 komentar

    come n share mengatakan... @ 5 Desember 2009 pukul 06.52

    masih luamayan yang mas dapatkan. Saya ada 14 klik tetapi nilainya hanya sekitar 0.7 an..gimana tuh ya?

    Achmatim mengatakan... @ 28 Desember 2009 pukul 20.00

    terima kasih atas pencerahannya mas mengenai HPK

    ihsan mengatakan... @ 7 Mei 2013 pukul 05.37

    iya mas, terima kasih atas pencerahannya mas,,

    Ifham Newbiee mengatakan... @ 9 Juni 2014 pukul 01.01

    Nice om

    terimaskish banget nih atas infonya

    Artikel Murah mengatakan... @ 6 November 2014 pukul 03.21

    Konten Adalah Raja Dan Backlink Adalah Ratu... Sebuah Blog Tidak Akan Pernah Bagus Jika Tidak Di Dukung Artikel Yang Berkualitas... www.okartikel.com

    zona berita sehat dan kecantikan mengatakan... @ 26 November 2015 pukul 20.00

    saya punya backlink sedikit susah sekali nyari yang berkualitas nih

    Aplikasi Android mengatakan... @ 7 Desember 2015 pukul 05.33

    menurut saya yang paling gede cpcnya masih asuransi dan kesehatan. karena itu merupakan kw abadi yang sampai kapanpun orang akan mencarinya

    sehatalami.org mengatakan... @ 19 Mei 2016 pukul 23.46

    ooh gitu ya om , ternyata hanya isapan jempol saja ya itu HPK adsense, hadeeh

    Posting Komentar