| 2 komentar ]

Kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Selain menimbulkan berbagai penyakit kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menambah parah penyakit yang ada. Jika seorang penderti penyakit antara lain darah tinggi, kencing manis, stroke dll mengalami kolesterol tinggi maka penyakitnya bertambah parah. Kolesterol yang tinggi tidak hanya dialami oleh orang yang bertubuh gemuk, tapi orang kurus juga bisa terkena kolesterol. Selain itu kolesterol tinggi juga tidak memandang usia baik muda atau tua bisa terkena kolesterol tinggi.. Dalam tubuh terdapat lemak yang terdiri dari kolesterol jahat yang biasa disebut LDL (low density lipoprotein) di mana lemak ini dapat menempel pada pembuluh darah. Sedangkan kolesterol yang baik disebuh HDL (high density lipoprotein) merupakan lemak yang dapat melarutkan LDL dalam tubuh. Ukuran kolesterol normal dalam tubuh adalah 160 - 200 mg. Di bawah ini adalah tips menghindari koleterol tinggi.
Diet dan jangan sembarangan makan. Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Misalnya mengkonsumsi susu tanpa lemak dan mengurangi makan daging dan jeroan. Jangan menggunakan minyak goreng yang dipakai untuk menggoreng lebih dari 3 kali karena dapat meningkatkan kadar kolesterol.
Konsumsi makanan berserat. Contoh makanan berserat yaitu gandum, kacang - kacangan, sayur - mayur dan buah - buahan. Makanan yang berserat dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah & membuangnya dari tubuh.
Konsumsi antioksidan. Makanan anti oksidan banyak terdapat dalam buah seperti jeruk, strawberry, pepaya, wortel, labu, bawang putih dll.
Hindari minuman alkohol dan merokok. Alkohol dan rokok akan mempermudah penumpukan kolesterol dalam darah. Selain itu alkohol dan rokok adalah pemicu berbagai macam penyakit seperti jantung, darah tinggi dll.
Lakukan olah raga. Dengan berolah raga maka membuat aliran darah menjadi lancar sehingga penumpukan kolesterol dalam darah akan terbuang bersama keringat.

Dengan melakukan tahap seperti di atas maka bagi kolesterol tinggi dapat kita hindari sehingga kita bisa hidup lebih sehat. Komentar, pengalaman dan pertanyaan saya tunggu di form komentar.

2 komentar

Harian Sehat mengatakan... @ 4 November 2014 pukul 08.55

terimakasih atas informasinya memang gaya hidup sangat penting bagi kesehatan tubuh kita terutama dalam masalah kolesterol

Unknown mengatakan... @ 26 Juli 2015 pukul 00.58

Halo semua kita akan menampilkan berita terbaru tentang kesehatan yang populer. Kami memberikan informasi terbaru yang datang dengan versi baru pada situs berita. Tips Manfaat dan Khasiat Web ini akan memberitahu da update berita terbaru dengan gaya yang berbeda dari AishaNews.com silahkan buka dan baca informasi tersebut. ini dia www.tipsmanfaatdankhasiat.blogspot.com

Posting Komentar