| 2 komentar ]

Apakah Anda pernah mampir di blog artis seperti Dian Sastro Wardoyo, Luna Maya, Dewi Persik, Enno Lerian, Wulan Guritno, Maia dll. Jika belum tidak ada salahnya Anda singgah. Tahukah Anda bahwa blog artis itu memiliki Google page rank yang lumayan bagus. Misalnya blog Luna Maya yang memiliki PR 3, padahal pada saat saya membuat tulisan ini yaitu April
2009 blog Luna Maya belum genap setahun. Blog Wulan Guritno malah mendapatkan PR 4 dan lebih hebat lagi adalah blog Dian Sastro Wardoyo yang mendapatkan PR 6. (catatan: PR bisa saja berubah, data ini saya analisa pada 20 Maret 2009).

Kita semua tahu untuk membangun sebuah blog dari PR 0 menjadi PR 3 bukanlah pekerjaan yang mudah. Akan tetapi yang namanya artis memang di manapun juga selalu menjadi pusat perhatian. Jika kita nonton TV dari pagi sampai malam banyak sekali acara infotainment dan rata - rata acara tersebut memiliki rating yang cukup baik dari penonton. Tidak ketinggalan di majalah, koran dan media massa lainnya, berita tentang selebritis selalu menjadi laris manis. Sehingga wajar jika di internet mereka juga selalu ditunggu oleh para penggemarnya. Lalu kenapa blog selebritis itu dengan mudahnya mendapatkanGoogle page rank yang tinggi? Melihat fenomena ini tentu blog Dian Sastro Wardoyo yang memiliki PR 6 telah mengalahkan situs social bookmark lokal seperti Lintas Berita dan Info Gue yang sama - sama memiliki PR 5. Kita semua tahu bahwa Google PR dipengaruhi oleh banyak faktor, yang cukup penting antara lain:

  • Jumlah link yang masuk, semakin banyak link masuk semakin baik. Lebih baik lagi jika berasal dari link yang temanya sama.
  • Usia blog, semakin lama semakin dianggap penting oleh search engine.
  • Isi halaman yang menarik, slogan dari search engine yaitu "isi halaman adalah raja".
  • Daya tahan para pengunjung, semakin lama maka point Google page rank semakin tinggi.
  • Memang, jika kita perhatikan, tidak ada yang istimewa dengan blog seleb itu apalagi jika dilihat dari sudut teknik SEO. Selain itu isi halaman yang jarang di update, hanya berisi pengalaman dan catatan harian saja (bisa dikatakan isi halaman tidak menarik). Sehingga dari 4 poin yang saya sebutkan di atas saya berkesimpulan bahwa hanya poin no. 4 saja yang terpenuhi. Memang daya tahan pengunjung blog cukup tinggi peranananya dalam teknik SEO. Ketika saya pelajari lebih dalam di beberapa forum SEO ternyata 62% Google page rank ditentukan oleh daya tahan pengunjung. Misalnya blog A dikunjungi oleh 100 orang, rata - rata waktu pengunjung adalah 3 menit, lalu ada blog B dikujungi 30 orang dan rata - rata waktu pengunjung adalah 20 menit, dengan melihat data ini, Google akan menempatkan blog B lebih tinggi daripada blog A.

    Jika kita bukanlah selebritis dan ingin punya blog ber-PR tinggi maka satu
    satunya jalan adalah membuat situs yang bagus sehingga pengunjung betah
    mengunjungi blog kita. Komentar, pengalaman dan pertanyaan saya tunggu di form komentar.

    2 komentar

    pasta mengatakan... @ 4 Juli 2012 pukul 20.07

    oce sip mang infonya ...

    tips membeli mobil mengatakan... @ 24 Agustus 2012 pukul 01.36

    wah moga pagerankq naik dengan cara agan :)

    Posting Komentar