| 1 komentar ]

Sebagai pemilik blog atau situs tentu kita ingin agar blog atau situs kita memiliki posisi yang baik di search engine atau SERP (search engine result pages) Google. Posisi SERP yang baik adalah pada halaman 1 hingga 3, karena sangat jarang pengguna mengunjungi situs atau blog yang berada di halaman 4 atau lebih. Kenapa saya hanya tekankan Google? Hal ini karena Google menguasai 65% market share untuk search engine disusul Yahoo, Microsoft, Alltheweb dll. Dengan makin canggihnya crawler Google, maka keakuratan data yang dicari pengguna sangat diperhitungkan Google SERP. Berikut adalah beberapa ciri suatu blog atau situs yang memiliki Google SERP yang baik.


  • Mengunjungi blog atau situs dalam waktu yang relatif lama biasanya lebih dari 30 menit. Selain membaca informasi dan mengunjungi minimal 10 halaman blog, biasanya pengunjung juga mendownload baik isi halaman atau program yang ditawarkan oleh blog atau situs yang dikunjungi. Crawler Google mampu mendeteksi perilaku pengunjung seperti mendownload, halaman apa saja yang dikunjungi, memberi komentar dll.
  • Kembali mengunjungi blog atau situs itu beberapa waktu kemudian. Biasanya dengan mengetikkan url secara langsung. Jika sebuah blog atau situs diketik langsung biasanya, dianggap baik oleh search engine.
  • Mendapatkan peningkatan pengunjung unik setiap hari.

Dengan memperhatikan tiga faktor penting di atas, maka sebagai pemilik blog kita harus meningkatkan kualitas blog kita agar pengunjung bisa bertahan lama. Sehingga bahasan saya ini sesuai dengan fenomena blog artis yang mendapatkan Google PR tinggi. Setelah membaca uraian saya di atas, tidak ada salahnya memberi komentar, tukar pengalaman atau mungkin pertanyaan di form komentar. Terima kasih.

1 komentar

Google Adsense high paying keyword mengatakan... @ 7 Juli 2009 pukul 06.39

pusing ma PR suka turun drastis, naiknya susah banget

Posting Komentar