| 1 komentar ]

Rambut adalah mahkota baik bagi pria dan wanita. Siapapun pasti mengingkan rambutnya sehat, indah dan tidak rontok. Karena jika rambut mudah rontok, maka bisa menyebabkan kebotakan. Jika sudah botak, tentu perawatan untuk menumbuhkan rambut lagi akan menjadi lebih sulit dan mahal. Berikut ini adalah tips untuk mencegah rambut rontok.


  1. Hindari sinar matahari secara langsung. Sinar matahari dapat membuat rambut menjadi kusam, bercabang, kasar, kering dan rontok. Apalagi jika rambut kita masih basah maka sinar matahari dapat memperparah kerusakan pada rambut. Jika aktifitas memaksa Anda untuk terkena sinar matahari, tunggu rambut Anda sampai kering dan gunakan pelindung seperti helm, topi atau payung.
  2. Jangan menyisir rambut sewaktu rambut masih basah. Karena basah, otot yang menahan rambut menjadi renggang sehingga rambut mudah sekali rontok. Sisirlah rambut Anda jika sudah kering. Selain itu pilihlah sisir yang renggang.
  3. Biarkan rambut Anda tergerai sewaktu tidur. Kebiasaan mengikat dan menjepit rambut pada saat tidur dapat menyebabkan rambut mudah rontok dan memperlambat pertumbuhannya.
  4. Hindari pemakaian pengering rambut atau hairdryer. Pengering rambut dapat menghilangkan kelembaban alami rambut sehingga rambut menjadi kering dan mudah rontok.
  5. Gunakan shampoo yang sesuai dengan rambut Anda. Sebelum membeli
    shampoo pastikan shampoo itu sesuai dengan rambut Anda. Kita sering kurang
    memperhatikan hal ini, padahal formula shampoo dibuat untuk jenis tertentu.
    Misalnya, shampoo untuk rambut kering hanya cocok untuk jenis rambut
    kering.
  6. Konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Contoh makanan protein yang baik untuk rambut adalah madu, kedelai, susu, ikan laut, rumput laut, kuning telur, kacang panjang dll.
  7. Jangan gunakan pewarna rambut. Pewarna rambut akan menutup aliran oksigen yang masuk ke rambut, menghilangkan kelembaban rambut dan menyebabkan rambut menjadi kaku dan kering sehingga muda rontok.

Dengan melakukan tips merawat rambut seperti di atas semoga rambut Anda menjadi sehat, indah dan tidak rontok. Semoga tips merawat rambut di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Bagaimana dengan rambut Anda? Apakah masih sering rontok? Setelah membaca uraian saya di atas, tidak ada salahnya memberi komentar, tukar pengalaman atau mungkin pertanyaan di form komentar. Terima kasih.

1 komentar

fregal mengatakan... @ 4 Maret 2010 pukul 00.57

mantap, tips yang benar2 bermanfaat.
dan artikel lainnya juga bermanfaat.

Posting Komentar