| 1 komentar ]

Semua orang tentu ingin memiliki wajah bersih bebas flek. Flek pada wajah biasanya berwarna coklat atau hitam. Jika flek ini besar disebut melasma dan jika flek wajah kecil berbentuk titik disebut freckles. Jika wajah terkena flek maka dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkannya. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan flek pada wajah.

  • Sinar matahari. Sebagian besar flek hitam disebabkan oleh sinar matahari. Karena mengandung ultraviolet sinar matahari sering menimbulkan flek. Jika makin sering terkena matahari maka flek itu semakin jelas. Hindarilah terkena sinar matahari secara langsung pada pukul 8.00 - 16.00. Jika aktivitas Anda di luar ruang antara jam itu, usahakan memakai pelindung seperti payung, topi. Lebih baik lagi jika Anda memakai krim tabir surya. Ingat daya tahan tabir surya maksimal 4 jam, oleskan kembali tabir surya jika sudah lewat 4 jam. Jika aktivitas keluar banyak keringat seperti olah raga maka tabir surya hanya bisa bertahan maksimal 2 jam.
  • Pemakaian kosmetik yang berlebihan dan tidak cocok dengan kulit. Sebelum memakai kosmetik, kenali terlebih dahulu jenis kulit Anda. Jangan memakai kosmetik yang tidak mencantumkan untuk jenis kulit apa. Pakailah kosmetik yang sesuai dengan kulit Anda.
  • Faktor keturunan. Orang tua yang memiliki flek hitam cenderung menurunkan flek hitam pada keturunannya.
  • Program KB. Yang paling sering adalah KB dengan suntikan dan minum tablet KB.
  • Bekas jerawat. Setelah jerawat kering, biasanya meninggalkan bekas flek dan noda pada wajah. Cara terbaik agar bekas jerawat tidak meninggalkan flek adalah membiarkan kering sendiri.
  • Kehamilan.
  • Dengan mengetahui penyebab flek hitam pada wajah maka kita bisa menghindarinya. Akan tetapi jika kita sudah terlanjur terkena flek hitam wajah maka kita harus sabar dan tekun. Untuk mengobati flek hitam pada wajah dibutuhkan waktu yang relatif lama minimal 3 bulan. Terkadang orang ingin cara cepat untuk menghilangkan flek wajah, yaitu dengan memakai bahan kimia (chemical peeling). Padahal cara cepat itu sering beresiko dan hasilnya tidak maksimal sehingga beberapa waktu kemudian flek hitam itu muncul kembali. Karena jenis kulit
    bermacam - macam, maka saya menganjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. Semoga dengan uraian tips di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sehingga kita dapat hidup lebih sehat, cantik dan bebas flek wajah. Komentar, pengalaman dan pertanyaan saya tunggu di form komentar.

    1 komentar

    Yolanda Tiana mengatakan... @ 1 April 2009 pukul 21.12

    thanks banget tipsnya. di sini tips2nya bagus2 banget.

    Posting Komentar