| 0 komentar ]

Dengan makin ketatnya persaingan pemilik blog atau situs, maka mereka saling berlomba dengan berbagai cara untuk dapat menempati posisi terbaik di search engine. Terkadang banyak pemilik blog atau situs itu melakukan teknik yang terlarang untuk dilakukan. Mungkin pada awalnya tidak ada masalah, akan tetapi dengan koreksi yang ketat dari editor pemilik search engine besar seperti Google, Yahoo, Microsoft, All The Web bisa jadi posisi tinggi tadi bisa melorot atau bahkan terhapus dan masuk daftar hitam di database search engine. Jika hal ini terjadi, tentu apa yang telah kita lakukan selama ini akan sia - sia.

Jika kita memiliki tujuan jangka panjang, akan lebih baik melakukan promosi blog atau situs secara alami dan wajar dan jangan pernah melakukan teknik SEO yang terlarang. Beberapa teknik SEO yang sangat dilarang itu antara lain:

  • Teknik copy paste. Kelihatannya teknik ini sepele, akan tetapi dianggap hal yang cukup krusial oleh search engine. Dengan makin canggihnya crawler search engine, maka crawler itu bisa mendeteksi apakah terjadi kemiripan dengan artikel yang ada dalam database mereka selama ini. Dengan logika yang dirancang khusus, jika crawler itu menemukan adanya persamaan isi, maka hanya crawler akan menganggap halaman yang baru menjadi tidak penting, sehingga akan menempatkan di posisi yang rendah atau tidak memasukkan ke database sama sekali.
  • Membuat keyword yang tidak sesuai dengan isi halaman atau terlalu berulang. Jangan pernah membuat keyword yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan isi halaman. Selain itu periksalah keyword density. Jika terlalu tinggi (lebih dari 20%) maka search engine akan menganggapnya sebagai spam, keyword density yang baik adalah antara 3% hingga 7%.
  • Domain cloaking. Cara kerja domain cloaking hampir mirip dengan teknik redirect otomatis. Cara kerjanya adalah para pelakunya akan membuat 1 halaman utama yang akan melakukan redirect dan 2 halaman yang menjadi tujuan redirect. Dengan program khusus, maka program itu bisa mengetahui apakah yang akan mengakses halaman adalah pengunjung melalui browser atau spider search engine. Jika yang mengunjungi adalah browser maka akan diarahkan pada halaman yang enak dibaca oleh manusia, akan tetapi jika yang mengunjungi adalah crawler atau spider search engine akan diarahkan dengan halaman yang berisi dengan keyword yang mudah di index oleh search engine.
  • Melakukan tukaran link pada situs terlarang. Contoh situs terlarang antara lain berbau sex, perjudian, narkoba, rokok, SARA dll. Jangan pernah menyisipkan link blog atau situs Anda dari blog, situs atau forum terlarang tersebut apalagi me-link ke situs terlarang itu.
  • Menyembunyikan teks. Teknik ini biasanya membuat teks yang sama dengan background sehingga tidak terlihat oleh mata biasa, atau membuat teks pada tag noscript.

Jika Anda melakukan teknik SEO seperti di atas, segera tinggalkan. Cepat atau lambat akan terdeteksi oleh search search engine. Cara mendapatkan posisi yang baik di search engine tidak bisa dilakukan secara instan akan tetapi butuh kerja keras dan ketekunan. Semoga uraian tentang teknik SEO yang harus kita hindari di atas dapat bermanfaat bagi kita, sehingga blog atau situs kita mendapatkan posisi yang baik. Terima kasih.

0 komentar

Posting Komentar