| 7 komentar ]

Fenemona pembajakan tidak hanya marak di dunia offline saja, tapi di dunia online masalah pembajakan yang biasa kita sebut copas (copy dan paste) jauh lebih banyak dan lebih semarak. Dibandingkan dengan dunia offline, untuk menjiplak sebuah artikel, gambar dll di internet jauh lebih mudah dan cepat. Memang kemungkinan terjadinya persamaan artikel atau gambar bisa saja terjadi, akan tetapi jika ada 2 artikel yang terdiri dari 50 kalimat semuanya sama seperti pemakaian huruf besar atau kecil, tanda baca, atau ada 2 buah gambar yang 100% sama persis pastilah salah satunya adalah tiruan. Dalam dunia internet etika untuk memperbanyak artikel tidak bisa diperbolehkan begitu saja, karena hal ini sangat merugikan bagi penulis asli. Kode etis yang bisa dibenarkan untuk memperbanyak artikel adalah adanya ijin tertulis dari pemilik blog atau situs yang biasanya meminta untuk mencantumkan link sumber aslinya.

Lalu apakah jika ada orang lain yang membajak hasil karya kita, lalu kita berhenti untuk berkreasi? Untuk menjadi besar, teruslah berkarya dan berkreasi jika ada yang membajak karya yang kita hasilkan, berpikirlah positif bahwa yang Anda hasilkan ternyata bisa bermanfaat bagi orang lain dan yakinlah cepat atau lambat orang juga tahu siapa kita. Apalagi dengan makin berkembangnya teknologi terutama search engine, jika ada 2 artikel yang sama persis hanya yang paling dulu yang akan terindeks sedangkan yang berikutnya akan dianggap tidak penting oleh search engine. Jadi kenapa kita mesti takut untuk berkreasi hanya dengan adanya penjiplakan melalui copy dan paste?

7 komentar

Top-HPK mengatakan... @ 19 April 2009 pukul 21.06

thanks infonya mas. memang copy paste sering membuat kita gak bisa tenang

Teman mengatakan... @ 26 April 2009 pukul 05.41

pusing dengan copy paste? pake script aja.

poker online indonesia mengatakan... @ 1 Agustus 2015 pukul 19.34

Hai para pembaca desopo blogspot, disini saya ingin memberitakan sebuah iklan terbaik untuk penambahan penghasilan anda. Bagaimana caranya? Kunjungi segera sebuah situs poker online yang dimana saat ini telah tersedia promo besar-besaran bagi para new member! Ayo tunggu apa lagi?? Bergabunglah bersama keluarga besar pokerclub88

agen poker online indonesia mengatakan... @ 1 Agustus 2015 pukul 19.36

Mau tau berita-berita seputar poker online indonesia terbaru ? kunjungi sikibas blog ini agar anda dapat memahaminya

agen poker online indonesia mengatakan... @ 28 Januari 2016 pukul 23.36

copy paste nih bener-bener gak boleh dilakukan, karena takutnya kena penalti dari google

situs poker online mengatakan... @ 28 Januari 2016 pukul 23.37

bener nih kak artikelnya!

agen poker online mengatakan... @ 28 Januari 2016 pukul 23.39

setuju banget gan!

Posting Komentar