| 5 komentar ]

Semua orang tentunya ingin memiliki blog selebritis yang ramai pengunjung. Jika artis bermodal nama besarnya dengan mudah memiliki pengunjung baru dan mampu mempertahankan loyalitas pengunjungnya, hal itu jarang terjadi bagi kita yang notabene hanyalah orang biasa saja. Jika kebetulan blog kita memiliki pengunjung yang banyak dan loyal seperti blog para seleb, maka tugas kita adalah mempertahankan loyalitas pengunjung itu. Blog artis akan tetap ramai meski ia acuh dengan pengunjung. Akan tetapi jika kita bersikap acuh, maka cepat atau lambat pengunjung akan menghilang begitu saja. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga loyalitas pengunjung blog.

  1. Berikan respon yang cepat terhadap kritik, saran dan pertanyaan pengunjung. Hal ini sangat penting, karena dengan memberikan respon yang cepat, pengunjung merasa diperhatikan. Jika pengunjung mengkritik dan memberikan saran, jika tujuannya untuk kebaikan tidak ada salahnya mengucapkan terima kasih yang tulus dan ikhlas atas saran dan kritik itu.
  2. Mengunjungi balik ke blog pengunjung dengan memberikan komentar. Jangan pernah bersikap acuh dengan tidak mau berkunjung dan berkomentar di blog pengunjung. Banyak para blogger yang sudah sukses lupa melakukan hal ini, sehingga cepat atau lambat blognya akan ditinggalkan pengunjung. Pengunjung akan senang jika blognya kita kunjungi dan berikan komentar sehingga pengunjung itu merasa dihargai.
  3. Jangan memberikan tanggapan atau komentar yang membuat kecewa atau bingung pengunjung. Tanggapan yang baik adalah setiap ada pengunjung maka kita berikan tanggapan secara langsung dan tidak pernah pilih kasih.
  4. Lakukan update blog. Jika blog sudah ramai maka agar pengunjung tidak bosan lakukan update secara rutin. Pengunjung akan bosan jika dalam sebulan blog kita tidak pernah update. Selain mempertahankan loyalitas pengunjung, dengan memperbanyak artikel maka hal ini juga bagus dalam teknik SEO karena search engine akan mengindeks blog kita.
  5. Berikan back link secara langsung. Jangan pernah pelit untuk memberikan back link kepada pengunjung yang sangat loyal. Berikan kriteria tertentu kepada pengunjung untuk mendapat back link dari kita. Misalnya jumlah komentar, sering mereview blog kita, banyaknya link dari blognya ke blog kita dll.
  6. Jangan bertindak semena - mena. Maksudnya adalah setiap ada komentar selalu Anda edit bahkan dihapus, hal ini akan membuat pengunjung merasa tidak dihargai. Ingatlah bahwa tidak semua pengunjung tahu tata cara berkomentar yang baik. Daripada Anda hapus, lebih baik Anda edit (dengan tetap memberikan keterangan bahwa komentar itu telah Anda edit).
  7. Membuat kontes yang berhadiah. Kontes yang berisi hadiah akan membuat pengunjung senang, sesuaikan hadiah dengan kemampuan Anda. Jangan pernah menunda untuk memberikan hadiah kepada pemenang karena hal ini akan menurunkan repusi kita. Tentu kita masih ingat kasus terlambatnya pemberian hadiah dari kontes kapanlagi yang berujung kampanye negatif dari banyak blogger.

Alangkah senangnya jika kita memiliki pengunjung yang loyal, sehingga bisa kita jadikan tolak ukur kesuksesan membuat blog. Tentu tugas kita adalah menjaga loyalitas pengunjung agar selalu berkunjung ke blog kita. Setelah memahami uraian saya di atas, ada baiknya kita saling bertukar pengalaman di form komentar. Terima kasih

5 komentar

poker mengatakan... @ 5 Juni 2015 pukul 20.54

Cukup bermanfaat sekali ini informasinya, terima kasih bos!

poker online mengatakan... @ 5 Juni 2015 pukul 20.55

Kekecewaan bagi seorang pengunjung untuk mendapati kesalahan informasi dalam website, harus benar-benar di cegah.

poker online indonesia mengatakan... @ 5 Juni 2015 pukul 20.55

Bagi kalian yang sedang mengalami kejenuhan, bingung mau melakukan apa? atau bahkan saat ini sedang mendapati kesusahan keuangan, jangan khawatr karena dengan adanya website dari pokerclub88 maka dirimu bisa bertaruh untuk mendapati hal-hal yang pahit tadi. Silahkan kamu kunjungi dengan segera dan nikmati bonus-bonus yang diberikan hingga top up 60% kepada anda. Selamat Mencoba!

agen poker mengatakan... @ 5 Juni 2015 pukul 20.56

Sedang Mencari Kasino Poker Online terbaik? Kunjungi Pokerclub88 sebagai tempat terbaik tanpa resiko adanya bot berkecimpung!

agen poker online mengatakan... @ 5 Juni 2015 pukul 20.57

Ingin mencari kesibukan? Kunjungi tempat bermain kartu poker di pokerclub88 bersama teman-teman satu Indonesia, sudah pasti anda akan menikmatinya dengan sempurna!

Posting Komentar