| 2 komentar ]

Semua orang sudah tidak asing lagi dengan kedelai. Banyak sekali makanan yang bersumber dari kedelai seperti tempe, susu kedelai, tahu, makanan ringan dll. Tapi tahukah Anda bahwa selain rasanya enak ternyata kedelai menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dengan kandungan protein nabati yang tinggi, dan memiliki kandungan yang dapat mencegah penyakit jantung, kanker dll. Selain itu kedelai juga mengandung zat aktif fitoestrogen yang umumnya dikenal dengan isoflavon. Kandungan isoflavon sangat baik untuk mencegah penuaan dini karena dapat mencegah kulit berkerut, rambut beruban dll sehingga kulit tampak segar, kencang dan bercahaya. Selain itu manfaat isoflavon yang terkandung dalam kedelai adalah menjaga keseimbangan hormon dan metabolisme dalam tubuh. Sehingga tubuh menjadi sehat dan mampu membuang racun dalam tubuh seperti penumpukan kolesterol, membakar lemak, memperkuat persendian dll.

Keistimewaan isoflavon yang terkandung dalam kedelai adalah tidak mudah rusak meskipun di rebus, goreng, dibikin tepung, dibuat tempe, tahu dll. Sehingga banyak makanan ringan yang mencantumkan kandungan isoflavon, itu karena bahan utama biasanya dari kedelai. Selain mengandung isoflavon yang tinggi, kedelai juga mengandung bahan aktif antioksidan yang berguna untuk menyuburkan rambut, memperkuat tulang dan menjaga kelembaban kulit. Dengan rutin mengkonsumsi isoflavon minimal 20 gram per hari, maka kita telah melakakuan langkah yang tepat yaitu untuk kesehatan dan kecantikan. Seseorang yang telah berusia lebih dari 25 tahun disarankan untuk rutin mengkonsumsi isoflavon, karena di usia ini biasanya mulai muncul kerutan kulit. Menurut sebuah penelitian di Kanada, seseorang yang rutin mengkonsumsi 75 gram kedelai perhari selam 6 bulan akan terlihat lebih muda 10 tahun.

Melihat fakta betapa besarnya manfaat kedelai, maka mulai sekarang marilah kita rutin mengkonsumsi kedelai. Apalagi di Indonesia kedelai sangat mudah kita jumpai baik langsung atau sudah menjadi makanan olahan. Semoga tips manfaat kedelai di atas dapat berguna untuk kita semua. Komentar, pengalaman dan pertanyaan saya nantikan di form komentar. Terima kasih.