| 1 komentar ]

Bagi kita yang belum memiliki pengalaman kerja dan sedang melamar kerja di sana sini, tentu harapan ada tindak lanjut setelah melamar kerja. Setelah menyelesaikan test tertulis maka langkah selanjutnya adalah test wawancara atau interview. Tidak sedikit orang yang sebenarnya memiliki kemampuan tinggi yang gagal diterima bekerja karena kurang memperhatikan wawancara. Meskipun wawancara hanya berlangsung singkat sekitar 10 sampai 30 menit akan tetapi sering membuat kita bingung. Silakan ikuti tips - tips wawancara kerja berikut supaya kita bisa diterima bekerja.

  1. Pastikan Anda cukup tidur pada malam harinya. Jika sewaktu nganggur Anda hobi begadang, maka untuk menghadapi wawancara pastikan tidur lebih awal. Hal ini sangat penting, jika kita kurang tidur maka badan terlihat lemas, raut wajah terlihat pucat, mata biasanya memerah dan mudah menguap. Selain cukup tidur, pastikan Anda sarapan supaya tidak gemetar.
  2. Gunakan pakaian dan sepatu formal yang mencerminkan Anda sudah siap bekerja. Kesalahan terbesar kita adalah menyepelekan masalah pakaian seperti memakai jeans, kaos, topi, sandal, sepatu sport, memakai rok yang terlalu ketat dan pendek dll.
  3. Kenali pertanyaan umum yang sering diajukan oleh pewancara. Dengan mengetahui pertanyaan yang biasa diajukan pewancara, akan memudahkan bagi kita untuk menjawabnya.
  4. Pelajari kembali CV dan surat lamaran. Sebagian besar sumber pertanyaan dari pewancara berasal dari CV dan surat lamaran kita.
  5. Tibalah 15 menit sebelum wawancara dimulai.
  6. Ketika masuk ke area perusahaan atau perkantoran, sapalah atau sekedar tersenyum kepada setiap orang yang Anda temui misalnya satpam, receptionist, pelamar lain dll.
  7. Tampilah penuh percaya diri dan jangan memelas. Selain percaya diri, kita jangan terlihat sangat membutuhkan pekerjaan itu sehingga kita memelas atau minta belas kasihan.
  8. Sebelum wawancara dimulai, berikan ucapan salam kepada pewancara sambil tersenyum dan bersalaman tangan. Saat menutup pintu pegangilah pintu itu supaya tidak membentur dan menimbulkan suara.
  9. Jawablah setiap pertanyaan dengan tepat sambil menatap mata pewancara dan jangan pernah terlihat gugup. Jangan pernah terlalu banyak bicara yang tidak perlu kepada pewancara atau memberikan jawaban yang berbelit - belit. Untuk dapat menjawab pertanyaan pewancara ada baiknya mengetahui daftar pertanyaan yang umum dan biasa diajukan pada saat wawancara.
  10. Jawablah dengan suara yang cukup keras sehingga pewancara tidak meminta Anda mengulanginya.
  11. Apapun yang terjadi, setelah selesai wawancara ucapkan terima kasih banyak kepada pewancara karena bersedia mewancarai Anda. Hal ini sangat penting supaya tetap menjaga kesan positif bagi Anda dan harapan diterima bekerja.

Memang jarang sekali orang yang langsung berhasil ketika test wawancara. Akan tetapi dengan memahami tips wawancara kerja di atas semoga membuat kita lebih siap menghadapi wawancara kerja. Semoga tips saya di atas bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

1 komentar

poker online indonesia mengatakan... @ 1 Agustus 2015 pukul 19.33

Hai para pembaca desopo blogspot, disini saya ingin memberitakan sebuah iklan terbaik untuk penambahan penghasilan anda. Bagaimana caranya? Kunjungi segera sebuah situs poker online yang dimana saat ini telah tersedia promo besar-besaran bagi para new member! Ayo tunggu apa lagi?? Bergabunglah bersama keluarga besar pokerclub88

Posting Komentar