| 2 komentar ]

Dalam bidang kesehatan, kadar tingginya kolesterol adalah titik awal munculnya berbagai jenis penyakit. Sehingga bahasan saya tentang hidup sehat kolesterol, perlu kita pahami benar - benar. Dengan minimnya informasi tentang kolesterol, maka muncullah berbagai mitos di masyarakat. Berikut adalah beberapa mitos seputar kolesterol dan fakta yang sebenarnya.

  • Mitos : "Kadar kolesterol adalah penyakit bawaan atau keturunan"
    Fakta: Seorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi tidak akan menurunkan kolesterol tinggi pada anaknya. Kadar kolesterol disebabkan oleh banyak faktor antara lain kebiasaan makan, pola hidup tidak sehat dll. Jadi keturunan tidak ada pengaruhnya terhadap kolesterol tergantung bagaimana kebiasaan kita.
  • Mitos : "Kadar kolesterol tinggi tidak berbahaya, karena tidak menimbulkan gejala"
    Fakta: Walaupun tidak bergejala, kolesterol tinggi sangat berbahaya karena dapat mempersempit dinding pembuluh darah dan dapat memicu jantung koroner yang bisa memicu serangan jantung, stroke, hipertensi dll. Kematian tertinggi di Indonesia bahkan di dunia disebabkan oleh serangan jantung. Dan sekitar 40% kematian karena serangan jantung disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi, sehingga kadar kolesterol yang tinggi harus rajin kita kontrol.
  • Mitos: "Kadar kolesterol tinggi hanya terjadi pada orang gemuk dan tidak akan terjadi pada orang kurus"
    Fakta: Tidak benar. Kadar kolesterol dipengaruhi banyak faktor seperti makanan, minuman (alkohol, teh, kopi dll), kebiasaan buruk (merokok, jarang olah raga dll), dan seberapa cepat tubuh kita menghasilkan dan membuang kolesterol LDL yang jahat. Jadi orang kurus atau gemuk memiliki peluang yang sama untuk terkena kolesterol.
  • Mitos: "Kadar kolesterol yang tinggi hanya terjadi pada usia lanjut, karena proses metabolismenya sudah tidak baik"
    Fakta: Tidak benar. Kolesterol yang tinggi bisa terjadi pada remaja bahkan masih anak - anak. Pembentukan kerak pad dinding pembuluh darah pernah dijumpai pada anak - anak dan kadar kolesterolnya meningkat bersama bertambahnya usia.
  • Mitos: "Tidak perlu risau jika setelah pergi ke dokter kita tidak mendapatkan pesan tentang kolesterol"
    Fakta: Pemahaman yang benar tentang kolesterol dan dampaknya bagi kesehatan harus kita ketahui dengan benar. Selain itu, karena tidak menimbulkan gejala, kolesterol tinggi tidak bisa kita sepelekan.
  • Mitos: "Kadar kolesterol yang tinggi dan penyakit kardiovaskuler hanya menjadi masalah laki - laki"
    Fakta: Tidak benar. Walaupun di masa menopause wanita memproduksi estrogen yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung, namun perlu dilihat faktor lain seperti hiperkolesterol. Di mana hiperkolesterol adalah pemicu utama serangan jantung.
  • Mitos: "Cukup dengan menghindari daging, santan, jeroan dan keju dalam makanan maka kadar kolesterol akan normal"
    Fakta: 80% dari kadar kolesterol dihasilkan dari dalam tubuh kita sendiri (endogen). Jika metabolisme tubuh sudah buruk, maka dibutuhkan obat untuk mengendalikan kadar kolesterol secara terus menerus. Selain itu kebiasaan buruk kita seperti minum alkohol, rokok dll mesti kita tinggalkan.

Semoga dengan pemahaman tentang kolesterol yang benar, kita bisa menjaga kesehatan kita supaya terhindar dari kolesterol tinggi. Semoga uraian yang saya ambil dari berbagai sumber dapat bermanfaat. Terima kasih.

2 komentar

Unknown mengatakan... @ 26 Juli 2015 pukul 00.56

Halo semua kita akan menampilkan berita terbaru tentang kesehatan yang populer. Kami memberikan informasi terbaru yang datang dengan versi baru pada situs berita. Tips Manfaat dan Khasiat Web ini akan memberitahu da update berita terbaru dengan gaya yang berbeda dari AishaNews.com silahkan buka dan baca informasi tersebut. ini dia www.tipsmanfaatdankhasiat.blogspot.com

poker online indonesia mengatakan... @ 1 Agustus 2015 pukul 19.34

Hai para pembaca desopo blogspot, disini saya ingin memberitakan sebuah iklan terbaik untuk penambahan penghasilan anda. Bagaimana caranya? Kunjungi segera sebuah situs poker online yang dimana saat ini telah tersedia promo besar-besaran bagi para new member! Ayo tunggu apa lagi?? Bergabunglah bersama keluarga besar pokerclub88

Posting Komentar