| 0 komentar ]

Situs social bookmark seperti Digg, Propeller, Socialogs, Slashdot, Furl, Connotea, Lintas Berita, Info Gue dll dalam 3 tahun terakhir ini menjadi fenomena yang menarik. Bisa dikatakan bahwa situs social bookmark menjadi tujuan kedua setelah search engine untuk mencari informasi. Bagi kita yang memiliki blog, tidak ada salahnya men-submit artikel kita ke social bookmark. Jika artikel kita menarik tentu limpahan pengunjung akan mengalir deras ke blog kita. Banyak sekali cerita yang pernah mendapatkan ribuan bahkan sampai jutaan pengunjung perhari dari referral link social bookmark. Berikut adalah tips untuk mendapatkan
limpahan pengunjung dari social bookmark.

  1. Buatlah artikel yang unik dan belum pernah dimuat Ini adalah tahap utama sebelum men-submit artikel. Ingatlah slogan "isi halaman adalah raja" tidak hanya berlaku di search engine saja tapi juga di social bookmark. Selain itu buatlah artikel yang unik dan belum pernah di submit oleh pengguna yang lain. Pembaca social bookmark umumnya menyukai artikel yang unik. Jika kita perhatikan berita yang unik selalu mendapat vote yang tinggi dari pembaca. Artikel unik bisa berupa berita yang heboh, informasi aktual dll.
  2. Buat judul dan keterangan yang singkat.
    Judul adalah daya tarik pertama dan utama di social bookmark. Buatlah judul yang singkat, padat, jelas dan mencerminkan isi artikel. Pada bagian keterangan isilah keterangan yang jelas, padat dan mencerminkan inti artikel. Jangan melebihi dari 200 karakter, karena pengunjung rata -rata hanya membaca 3 kalimat pertama artikel yang kita submit. Selain itu, buatlah keterangan yang akan membuat pengunjung penasaran untuk mengunjungi artikel kita.
  3. Pilihlah waktu yang tepat untuk men-submit artikel
    Biasanya waktu yang tepat untuk mensubmit artikel adalah ketika jam santai. Bisa saat jam istirahat makan siang antara jam 12 siang sampai jam 2 siang atau sore sebelum pulang kerja sekitar jam 4 sore hingga jam 9 malam. Terlebih dahulu, kenali kira - kira target pengujung mana yang akan dibidik. Jika target pengunjung dari luar negeri kenali perbedaan waktu.
  4. Jangan pernah membuat artikel yang berisi SARA, kebohongan dan berita yang tidak jelasIngatlah, bahwa pembaca social bookmark berasal dari berbagai macam daerah bahkan negara. Jangan membuat artikel yang berisi diskriminasi SARA. Selain itu jangan pernah men-submit artikel yang berbau kebohongan, mengada - ada dan tidak jelas. Sekali kita terbukti bohong maka untuk artikel berikutnya akan diabaikan oleh pembaca.
  5. Lengkapi artikel dengan gambar atau video
    Dengan mencantumkan gambar atau video artikel yang kita submit akan terlihat lebih menartik. Umumnya pembaca social bookmark bosan dengan artikel teks saja
  6. Mintalah pengunjung memberikan vote
  7. 5 Langkah di atas akan sia - sia jika artikel kita memiliki vote yang rendah. Semenarik apapun artikel yang kita submit jika tidak mendapatkan vote yang tinggi akan tenggelam di halaman akhir atau bahkan terhapus secara otomotis. Ingatlah bahwa social bookmark hampir sama dengan voting, artikel yang mendapat voting tinggi akan ditempatkan dihalaman depan, sehingga langsung terlihat pengujung. Mintalah pengunjung untuk men-vote artikel yang kita submit.
Dengan melakukan 6 tahap di atas saya yakin blog Anda akan mendapat limpahan pengunjung. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah pernah men-submit artikel ke social bookmark dan merasakan manfaatnya? Setelah membaca tips di atas ada baiknya berbagi pengalaman di form komentar. Terima kasih.

0 komentar

Posting Komentar