| 12 komentar ]

Bisa dikatakan, proses akhir seleksi masuk perusahaan adalah wawancara. Setelah mengikuti test wawancara maka kita hanya bisa menunggu lewat surat, telpon, e-mail dan media komunikasi lainnya. Ada beberapa perusahaan yang bisa memutuskan apakah Anda diterima atau ditolak. Biasanya ini terjadi karena perusahaan itu sedang membutuhkan banyak karyawan misalnya bagian produksi, marketing dll. Akan tetapi banyak perusahaan akan memberitahukan hasil wawancara setelah 3 hari, 1 minggu bahkan ada yang sampai 1 bulan. Jika waktu yang dijanjikan pewancara telah tiba dan kita tidak ada panggilan, banyak di antara kita yang pesimis dan menganggap bahwa kita telah ditolak. Dalam banyak kasus kenyataannya belum tentu, ingatlah namanya manusia tidak luput dari lupa. Boleh jadi pewancara sedang berhalangan dan belum bisa memberikan keputusan misalnya sedang tugas di luar kota, perusahaan sedang sibuk tutup buku, sedang dilakukan audit dll.

Jika waktu yang dijanjikan kepada Anda sudah lewat maka datanglah secara langsung ke bagian HRD perusahaan tersebut, jangan hanya lewat telpon atau bertanya ke bagian yang tidak ada hubungannya dengan perekrutan karyawan. Biasanya di bagian HRD juga ada pengumuman daftar karyawan baru. Jika daftar pengumuman karyawan baru tidak Anda temui, datangilah bagian HRD dan tanyakan dengan sopan bagaimana posisi Anda setelah wawancara. Yang perlu Anda ingat adalah tanggal berapa Anda di wawancara dan siapa yang mewancara. Mintalah kepastian nasib kita apakah ditolak atau diterima, hal ini penting karena banyak di antara kita hanya diberi jawaban agar menunggu. Jika mereka mengatakan agar kita menunggu, tanyakan sampai kapan harus menunggu. Jawaban yang paling sering kita dapatkan adalah semua proses yang kita kerjakan hingga wawancara telah tersimpan di arsip atau database kantor dan sedang diadakan proses dan seleksi lebih lanjut dan suatu saat bisa dipanggil lagi, maka sebenarnya itu adalah ungkapan penolakan secara halus. Lupakan perusahaan itu, karena peluang untuk dipanggil sangat kecil.

Banyak kasus yang kita temui bahwa perusahaan menguji keberanian para calon karyawannya dengan memilih karyawan yang berani bertanya langsung hasil wawancara. Sehingga tidak aneh, jika ada seseorang yang sebelumnya tidak dihubungi dan berani menanyakan hasil interview maka ia diterima menjadi karyawan. Semoga uraian tentang tips memilih waktu yang tepat mengetahui hasil wawancara bisa bermanfaat. Terima kasih.

12 komentar

Unknown mengatakan... @ 12 Februari 2013 pukul 18.38

baikklah saya akan mencoba tips ini,semoga saya diterima bekerja sebagai tenaga administrasi di Politeknik Caltex Riau,
amin,amin,amin

Muhammad Adam Hussein, S.Pd mengatakan... @ 14 Maret 2015 pukul 08.13

Tipsnya bermanfaat, mudah-mudahan usaha saya ada hasil makasih mas.

tips karir mengatakan... @ 22 Mei 2015 pukul 02.40

waktu itu penting sekali jika ingin diterima kerja dengan persentase tinggi

agen poker online mengatakan... @ 22 Mei 2015 pukul 02.41

mantap nih artikel

poker online indonesia mengatakan... @ 22 Mei 2015 pukul 02.42

kalau penat-penat kepalanya, bisa coba hiburan dengan artikel yang ada di sikibas.blogspot.com yaa.. mampir aja gak rugi

poker mengatakan... @ 22 Mei 2015 pukul 19.05

thank you artikelnya gan

poker online mengatakan... @ 22 Mei 2015 pukul 19.06

Cocok nih buat pengangguran.. begitu bermakna artikelnya

poker online indonesia mengatakan... @ 22 Mei 2015 pukul 19.07

Setuju dengan agan satu ini artikelnya!!

agen poker online mengatakan... @ 22 Mei 2015 pukul 19.09

cobain dlu ahh tipsnya, bermanfaat nih

agen poker mengatakan... @ 22 Mei 2015 pukul 19.12

Thanks yaaa boss .. numpang shared nih artikelnya

Harga mobil suzuki mengatakan... @ 2 Desember 2015 pukul 22.35

Hal yang sedang saya alami ini nih, tp masih 3 hari sih. Nanti nunggu 2 minggu kali ya

Unknown mengatakan... @ 27 April 2016 pukul 00.33

Trims, langsung akan saya tanyakan

Posting Komentar