| 4 komentar ]

Sudah banyak orang yang menjadikan blog dan internet sebagai pekerjaan utama. Banyak sekali blogger yang menjadi publisher menghasilkan di atas $1.000 atau jika di rupiahkan lebih dari Rp. 9 juta. Di Indonesia untuk mendapatkan gaji sebesar itu tidaklah mudah sehingga dibutuhkan skill, pendidikan yang tinggi, pengalaman kerja yang luas, waktu yang hampir siang malam serta masih banyak alasan lainnya untuk mencapai hasil itu. Apalagi di tengah persaingan yang semakin ketat, tidak sedikit orang yang rela di bayar berapa saja asal bisa kerja dan menghilangkan status pengangguran. Ditambah lagi krisis ekonomi global di mana gelombang PHK sangat marak, sangat mengancam siapa saja.

Saya sendiri mendalami aktifitas blog dan publisher ini masih sambilan saja, karena rata - rata earning yang saya dapatkan belum bisa diandalkan untuk terjun total sebagai publisher. Selama hampir setahun, earning yang saya dapatkan paling tinggi dalam satu bulan adalah sekitar $250 atau jika di rupiahkan sekitar Rp. 2,5 juta. Bagaimanapun dengan hasil itu sangat saya syukuri, karena sampai saat ini saya masih numpang di hosting gratis dan belum pernah membeli domain. Earning yang saya dapatkan selama ini hanya dari Google Adsense saja dan berencana mengikuti program PPC yang lain, mungkin ideal bagi saya adalah ikut 3 hingga 5 program PPC. Meskipun banyak tawaran dari program uang online lain seperti PPS (paid per sale), PPR (paid per review), affiliate program dll, saya lebih cocok untuk mengikuti program PPC. Hal ini karena kemampuan saya baru sebatas itu meskipun untuk program penghasil uang yang lain akan tetap saya pelajari.

Dalam hati kecil saya, jika earning yang saya dapatkan sudah stabil $1000, maka saya akan fokus sebagai blogger. Langkah pertama yang saya lakukan untuk total di blogger adalah pulang kampung ke Jawa Tengah karena saat ini saya berada di Balikpapan, membeli laptop yang bagus lengkap dengan akses internet, membuat kartu kredit dan belajar total tentang teknik SEO dan bahasa Inggris. Bagaimana dengan Anda sendiri? Kapan Anda berani untuk terjun total sebagai blogger? Persiapan apa saja yang sudah Anda lakukan? Tidak ada salahnya kita saling berbagi pengalaman di form komentar. Terima kasih.

4 komentar

parjoyo mengatakan... @ 21 Juni 2009 pukul 06.37

Saya setuju mas, jika earning kita sudah stabil di $1000 per bulan kenapa tidak total di blog. Jaman yg serba sulit ini sangat susah mencari kerja dgn gaji jika di rupiahkan 10 juta. Semoga sukses mas

padaku mengatakan... @ 21 Juni 2009 pukul 21.34

karena cari kerja sulit, saya bertekad untuk full time blogger. memang saat ini saya masih kurang modal dan baru bisa ke warnet. mudah2an earning saya bulan ini besar hingga saya beli laptop baru plus akses internet

Artis Indonesia mengatakan... @ 23 Juni 2009 pukul 03.20

kalo aku sih kalo dah ngasilin minimal $500 aja.

pojok wirausaha mengatakan... @ 1 Januari 2013 pukul 05.56

wah asik juga ya klo udah menghasilkan kayak gitu bisa buat tambahan penghasilan apalagi klo layout udah beres yg perlu dikejar tinggal konten posting aja.mantap...

Posting Komentar