| 2 komentar ]

Banyak yang bilang kalau kebiasaan buruk merokok sangat sulit dihentikan. Padahal kita semua tahu bahwa asap rokok mengandung lebih dari 4.000 jenis kimia beracun mulai dari filter, kertas pembungkus hingga asap yang keluar. Dampak nyata dari merokok yang paling sering kita temui bahkan juga ada dalam label bungkus rokok adalah serangan jantung, kanker dan gangguan kehamilan dan janin. Memang, jika seseorang belum mengalaminya ia akan terus merokok dengan berbagai alasan mulai dari memunculkan inspirasi atau ide, mengisi waktu luang, teman setia untuk mencari kawan, gak gaul kalau gak merokok dan berbagai alasan lainnya. Tidak sedikit uang yang dikeluarkan karena membeli rokok, bahkan tidak sedikit orang yang rela tidak makan dan memilih membeli rokok. Meskipun harga sebungkus rokok lebih mahal daripada 1 kg beras, tetap saja tidak mengurangi minat beli seorang perokok.

Semua orang juga tahu bahwa efek negatif asap rokok tidak hanya bagi perokok itu sendiri, akan tetapi bagi perokok pasif yang sengaja atau terpaksa menghisap asap rokok. Saya sendiri sudah berhenti merokok semenjak bulan september 2008 kemarin atau sekitar 9 bulan yang lalu dan berniat tidak lagi akan merokok untuk selamanya. Meski saya bukan perokok berat (1 bungkus rokok habis antara 2 hingga 3 hari) namun rasa candu untuk merokok telah saya alami. Sehingga sehari tanpa merokok saja terasa ada yang kurang dan tidak enak. Efek negatif yang saya rasakan dari merokok adalah lendir di tenggorokan terasa mengganggu, sehingga suara menjadi tidak enak didengar. Banyak teman - teman yang heran kenapa saya bisa berhenti total dari merokok dan sering menanyakan tips menghentikan merokok. Berikut adalah tips berdasarkan pengalaman pribadi saya menghentikan kebiasaan merokok.

  • Punya niat dan motivasi yang kuat untuk berhenti merokok.

  • Mengisi waktu luang yang biasa kita merokok dengan kegiatan yang tidak mungkin merokok misalnya olah raga.

  • Ketika timbul rasa ingin merokok, segera berpikir bahaya merokok misalnya dapat menyebabkan serangan jantung. Bayangkan jika Anda terkena serangan jantung rasa sakitnya luar biasa hingga menjadi penyebab kematian. Simpan artikel bahaya merokok di saku atau di HP, dan baca artikel itu, meskipun sudah hafal selalu buka artikel itu.

  • Berpikir jangka panjang dan masa tua. Lihatlah para perokok yang sudah di atas 60 tahun, ia gampang sakit. Berbeda dengan orang yang tidak merokok, terlihat lebih sehat dan tidak mudah sakit.

  • Alihkan uang membeli rokok untuk tabungan atau untuk membeli sesuatu yang bermanfaat.

Dari semua tips berhenti merokok di atas, yang paling menentukan adalah niat dan tekad untuk tidak merokok. Manfaat bagi kesehatan yang saya alami ketika berhenti sejak 9 bulan ini adalah suara terasa lebih enak, bibir tidak lagi menghitam dan mulut tidak lagi bau rokok. Semoga tips menghentikan kebiasaan merokok ini dapat berguna bagi kita semua.

2 komentar

Aritonang Tapanuli mengatakan... @ 21 Juni 2009 pukul 06.39

semuanya tergantung dari niat pribadi. saya sendiri yg tadinya perokok berat bisa berhenti karena batuk campur darah karena racun rokok. sejak saat itu saya tidak sudi lg merokok.

Unknown mengatakan... @ 26 Juli 2015 pukul 00.55

Halo semua kita akan menampilkan berita terbaru tentang kesehatan yang populer. Kami memberikan informasi terbaru yang datang dengan versi baru pada situs berita. Tips Manfaat dan Khasiat Web ini akan memberitahu da update berita terbaru dengan gaya yang berbeda dari AishaNews.com silahkan buka dan baca informasi tersebut. ini dia www.tipsmanfaatdankhasiat.blogspot.com

Posting Komentar