| 0 komentar ]

Indonesia dengan iklim tropis yang kadang terjadi perubahan cuaca secara mendadak dan kelembaban yang tinggi, membuat kelenjar kulit kita bekerja lebih ekstra sehingga menghasilkan berbagai enzim antara lain minyak yang dihasilkan sebaceous. Sebenarnya minyak ini juga berfungsi sebagai pelindung kulit dan menjaga agar tetap lembab. Akan tetapi jika kondisi ini terjadi dalam waktu terus menerus dan berlangsung lama bisa menimbulkan masalah kecantikan terutama pada kulit wajah seperti menimbulkan jerawat, komedo, warna kulit kusam (tidak bercahaya). Untuk mengatasi dan merawat kulit berminyak itu, berikut adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan:

  • Cucilah dengan air bersih dan hangat. Jika wajah sering kena air, maka kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak akan mengurangi aktifitasnya. Lakukan sesering mungkin, karena sering mencuci muka dengan air bersih dan hangat tidak ada efek sampingnya.
  • Jika Anda menggunakan pembersih muka, pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan kulit wajah Anda. Pastikan bahwa kandungan PH sesuai dengan kulit. Pembersih wajah yang baik diserap adalah yang berbentuk lotion atau cair. Sebelum menggunakannya, basuhlah wajah sampai bersih. Jangan pernah memakai pemberih wajah sembarangan seperti sabun mandi biasa atau pembersih wajah yang tidak sesuai dengan kulit wajah karena bisa menyebabkan kulit wajah iritasi, bersisik, kering dan akhirnya keriput. Lakukan 2 sampai 4 kali, jangan terlalu sering karena akan membuat kulit menjadi tipis, iritasi dan hilang kelembabannya.
  • Jika Anda sering berada di luar ruang, gunakan tissue khusus yang dapat menyerap minyak. Jangan langsung membasuh muka dengan air saat suhu kulit muka masih tinggi karena tersengat matahari. Hal ini akan menyebabkan flek warna gelap pada wajah. Tunggu sampai suhu kulit muka normal (37 derajat celcius).
  • Gunakan penyegar wajah pada malam hari sebelum tidur. Saat kita tidur, terjadi peningkatan aktivitas kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak, sehingga ketika kita bangun maka kulit wajah kita terlihat sangat berminyak, mengkilat dan lengket. Jika Anda tidak mau repot dengan menggunakan penyegar wajah yang alami, pakailah penyegar wajah yang ada di pasaran. Pastikan bahwa penyegar wajah itu sesuai dengan kulit muka Anda.
  • Oleskan madu sebagai pelembab alami wajah Anda. Manfaat madu untuk kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Jika Anda takut produk perawat kulit berminyak menimbulkan efek samping, gunakan madu sebagai pilihan terbaik. Pemakaian madu untuk merawat kulit berminyak terbukti paling efektif dan tidak ada menimbulkan efek samping. Madu dapat dijadikan sebagai pembersih, penyegar, pelembab dan menjaga kecantikan kulit wajah kita.

Demikianlah sedikit tips merawat kulit wajah berminyak, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

0 komentar

Posting Komentar